Resolusi 2020

Catatan awal tahun

1 Januari 2020. Jam 17.22 Waktu Indonesia Barat dan aku lagi duduk di kamar tamu. Mama di depan tv, nonton tv sambil melipat kertas minyak jadi wadah nasi, nggak tahu buat apa. Daffa, adek laki-lakiku di kamar, nggak tahu lagi ngapain. Alya, adekku yang paling kecil lagi di rumah eyang, udah dua hari nginep disana, main sama sepupu-sepupunya. Ayah? Tiga hari yang lalu udah terbang lagi ke Palembang. Ngapain? Kerja lah, edan po liburan. Sedangkan diluar hujan. Daritadi siang. Tadi aku sempet kehujanan di tengah jalan pulang dari rumah Eyang .Nggak bawa jas hujan. Jaketku basah.

Hujan makin deres. Langit makin gelap. Aku makin laper.

Ada yang aneh. Dari semalem tiba-tiba kepikiran resolusi. Nggak tahu kenapa tiba-tiba pengen punya resolusi. Tapi bingung apa, soalnya tahun-tahun sebelumnya belum pernah ‘bener-bener’ punya resolusi. Pernah ding, tahun 2017. Waktu itu masih jaman main ask.fm, ada yang tanya “resolusi 2k17 ?” Aku jawabnya “ngganteng”. Apakah resolusi iti tercapai? Sedikit.

Setelah mikir agak lama, agak lama, sampai selesai BAB, akhirnya ketemu deh resolusi apa. Apa hayoo ?

Sebelum tahu apa resolusiku di 2020, aku cerita dulu. Oke?

***********

Tadi pagi sampe rumah jam lima. Habis ikut acara di masjid raya Fatimah, sama temen-temen (dari sini udah kepikiran pengen punya resolusi). Sampe rumah ngantuk, semalem tidur jam 0 bangun jam 2. Tapi sebelum tidur dapet WA dari temen, ngajak ikut acara diskusi. Acaranya mendadak dan pesertanya terbatas. Diskusi sejarah sama Prof. Ahmad Mansyur Suryanegara. Beliau guru besar sejarah Indonesia dan penulis buku Api Sejarah. Acaranya di Masjid Agung Solo. Langsung tertarik dong. Akhirnya daftar ke cp yang tersedia. Habis itu tidur di sofa. Ketiduran lebih tepatnya, karena niatnya mau nyetel alarm dulu jam 7 biar nanti nggak telat, malah nggak jadi.

Jam 8.45 bangun. Padahal jadwal acaranya jam 8.30. Kaget. Iya. Langsung buka WA. Baca WA dari temen yang juga ikut, katanya acara belum mulai. Langsung aku siap-siap. Mandi. Makan sedikit. Minum air putih, nggak sempet minum teh. Ganti baju. Pamit Mama, terus cuss. Tapi sebelumnya dipesenin Mama, nanti mampir ke rumah Eyang ya ngasih roti, okeyokeysip.

Dari depan rumah langsung ngebut. Jalanan sepi. Bener-bener sepi. Dari Sumber sampai pasar Klewer sepi. Pada masih tidur mungkin habis semalem tahun baruan.

Sampai Masjid Agung langsung parkir, habis itu tanya satpam tempat acaranya dimana, habis itu kesana, dan pas banget pas masuk ruangan pas prof. Mansyur lagi salam. Serius. Pas assalamualaikum pas itu aku masuk ke ruangan. Padahal sudah jam 9.15.

Dapet kursi barisan kedua dari depan. Duduk manis, nyalain recorder. Padahal judulnya “Dari Surakarta Sejarah Kemandirian Bangsa Bermula : Kisah Perjuangan Pengusaha Batik dan Syarikat Islam”, tapi beliau cerita bahkan dari nabi Adam. Dari jam 9 sampai dhuhur, cerita dari nabi Adam diturunkan ke Bumi sampai Indonesia perjanjian Linggarjati beliau kisahkan. Sumpah enak banget di dengerin. Ceritanya pakai papan tulis. Bener-bener kayak guru.

Pagi itu aku banyak tahu hal baru. Beliau ini ilmunya banyak, nggak habis-habis. Kayak film Star Wars, nggak habis-habis. Kenapa kok nama istri nabi Adam itu Hawa? Kenapa ketika idul Fitri kita seakan-akan seperti terlahir kembali? Dari mana asal nama batik, kenapa namanya jawa, darimana asal kata ‘Kalimasada’, ternyata wayang itu bentuknya kata Muhammad dalam bahasa Arab, rahasia kenapa Soekarno berkali-kali lolos dari rencana pembunuhan, awal mula imperialisme, siapa yang meyakinkan Soekarno biar merdekanya tanggal 17 Agustus, kenapa tanggal 22 Oktober jadi hari santri, dari mana asal nama Jayakarta, siapa itu Haji Samanhudi, kenapa Syarikat berubah jadi Sarekat, dan bahkan gimana masa depan bangsa Indonesia kelak semua dijelasin sama beliau. Jelas. Gampang dipahami. Dan seru. Beliau bilang kalau sejarah atau masa lalu itu penting. Kata beliau Prof. Mansyur, kita hidup setiap hari itu kita sedang menciptakan masa lalu.

Umur beliau 88 tahun. Lebih tua dari Indonesia. Tapi masih kuat berdiri tegak. Jelasin di papan tulis sambil jalan-jalan. Murah senyum. Wajahnya tenang, teduh. Nyenengke lah kalau dilihat. Disela-sela penjelasan soal sejarah, beliau juga sering bercanda, sesekali nyindir isu-isu yang lagi yang lagi hangat di berita, habis itu bilang “Sudah jangan, nanti saya ditangkep polisi”. Wkwkwkwkwk….

Cerita dari jam 9 sampai dhuhur, tapi isi ceritanya dari tahun 1494 sampai 1946. Dari perjanjian Tordesillas sampai perjanjian Linggarjati. Selesai penyampaian materi, habis itu nggak jadi sesi tanya-jawab soalnya beliau sibuk, udah harus berangkat kemana lagi gitu nggak tahu. Tapi sebelum keluar foto bareng dulu, dan habis foto bareng aku sempet selfie sama beliau. Pake hp lah, masak pakai tongsis. Awalnya aku nggak niat, tapi dipaksa temen, yaudah deh. Ngisin-ngisini tapi rapopo. Pas selfi pun, beliau terima-terima aja sambil senyum.

Selesai acara pas adzan dhuhur, langsung sholat di Masjid Agung. Habis itu pulang. Eh, mampir ke rumah Eyang dulu, nganter roti. Niatnya cuma nganter roti habis itu pulang, malah ditawari eyang makan siang, belum lagi ternyata si Fahri pulang. Sudah kubilang berkali-kali Fahri itu hobinya pulang, pulang, dan pulang. Sama main Freefire. Ngobrol sama Fahri, habis itu ngecas hp, malah ketiduran. Tidur terus. Ya namanya juga liburan. Habis ashar mau pulang malah hujan. Nunggu sebentar sampai reda baru pulang ke rumah.

Sampai rumah. Ganti baju. Habis itu nyantai di kamar tamu.

Awalnya main twitter, la kok isinya cuma banjir Jakarta dan netizen malah ribut menyalahkan gubernur. Bukan berarti aku mendukung gubernurnya lo ya. Tapi, ashh… Ya mbok uwes ngono lo. Tiap tahun kok sama aja yang diributin. Kalau kata Azrul Ananda “Negeri ini terlalu ‘politik’.” Apa-apa sambungin politik, dikit-dikit politik. Mbok sing liyane to. Memang kalau sudah menyalahkan pihak tertentu gitu seketika banjirnya surut gitu? Kalau aku usul nih, daripada tiap banjir ribut ini salah gubernur lah, salah presiden lah, mending kedepannya gubernur atau bahkan presidennya jangan politikus deh. Mending pawang hujan aja. Biar kalau lagi hujan deres, hujannya bisa disuruh pindah ke laut apa kemana gitu. Kan aman. Masyarakat nggak kena banjir, gubernurnya juga bertugas sesuai dengan tugasnya. Iya. Gubernur merangkap pawang hujan.

Tahu kok rasanaya kebanjiran, gimana sedihnya, ribetnya, capeknya, kemrungsungnya. Tinggal tiga setengah tahun di Balikpapan, waktu SD hampir tiap hujan deres rumahku kebanjiran. Dulu diajari Mama gimana liat tanda-tanda hujan, tiap malem harus angkat barang-barang ke tempat tinggi, nutup saluran air, sampe nutup sela-sela pintu pakai plastisin buat nyumbat air. Belum lagi tiap banjir pasti pas ayah nggak dirumah, sampe harus nggak berangkat sekolah alesan bantu Mama njemur kasur padahal main air sama balapan sepeda, bakan pernah sekali harus ‘ngungsi’ ke hotel karena kasur, lemari, semua barang-barang basah.

Hati-hati yang di Jakarta. Semoga cepet surut airnya. Semoga semua aman. Yang kuat. Doa kami kirim dari sini.

Capek main twitter, habis itu inget ini hari rabu. Apa? Happy Wednesday! Langsung buka. Berharap update. Berharap kali ini Azrul Ananda nulis soal fenomena banjir di Jakarta. Ternyata nggak. Azrul Ananda sekeluarga lagi liburan di Australia. Yaudah nggak papa. Tetep seru baca tulisannya Azrul Ananda.

Habis itu kepikiran buka Disway.id nya Dahlan Iskan. Siapa tahu Dahlan Iskan nulis soal banjir Jakarta. Ternyata juga nggak. Tapi aku malah nemu artikel seru lainnya. Judulnya Planet Cup. Mbahas soal Liverpool yang kandidat kuat juara musim ini.

Pertama baca Happy Wednesday-nya Azrul Ananda waktu SMA di koran Jawapos. Awalnya ikut-ikut temen. Kebawa sampai sekarang, tapi sekarang Happy Wednesday nggak ada di koran Jawapos, adanya di blognya Azrul Ananda sendiri. happywednesday.id

Kalau Dahlan Iskan, tahunya dari ayah. Waktu dulu SD disuruh ayah baca novel Sepatu Dahlan. Kalau baca disway.id nggak terlalu sering sih, soalnya biasanya mbahas isu-isu global yang aku nggak mudeng, tapi diluar itu cerita keliling dunianya Dahlan Iskan itu seru dibaca.

***********

Bingung mikir pengen punya resolusi di tahun 2020 ini. Tapi apa?

Habis itu malah jadi flashdisk, eh flashback seharian ngapain aja. Mulai dari dengerin Beliau Prof. Mansyur cerita, muak pada ribut soal banjir Jakarta di medsos, sampai baca ceritanya Azrul Ananda sama Dahlan Iskan. Ternyata dapet satu garis besar.

Prof. Mansyur belajar sejarah dan cerita panjang lebar soal islam dan Indonesia pasti punya tujuan. Tujuannya biar orang-orang pada tahu sejarah yang bener gimana, sejarah aslinya gimana. Karena selama ini banyak sejarah yang kita pelajari itu nggak sesuai sama faktanya, sejarah yang diputar balikkan sama orang-orang yang punya kepentingan, orang-orang yang nggak mau islam berkembang, orang-orang yang nggak mau Indonesia itu maju.

Beliau cerita panjang lebar soal sejarah bisa jadi karena kegelisahan beliau melihat umat islam dan bangsa Indonesia dibodohi oleh orang-orang luar sana. Bisa aja beliau marah. Benci ke orang-orang yang seenaknya memutar balikkan fakta. Tapi bukan marahnya beliau yang aku lihat waktu dengerin beliau cerita. Selama dua jam lebih mendengar beliau mendongeng, yang aku lihat adalah kerendahan hati, ketulusan berbagi pengetahuan, dan nggak kelihatan sedikit pun marah-marahnya. Dikit-dikit senyum, bergurau, senyum, bergurau.

Apa beliau benci dengan mereka yang memutar balikkan sejarah? Nggak tahu. Tapi melihat senyumnya selama dua jam, aku jadi yakin kalau nggak ada rasa benci pada beliau. Kalaupun ada, kalaupun beliau benci, setidaknya beliau nggak mengumbar kebenciannya.

Kenapa aku suka baca tulisannya Azrul Ananda sama Dahlan Iskan? Karena tulisan mereka beda sama tulisan-tulisan orang kebanyakan. Mereka nulis apa yang sekiranya bikin seneng. Kayak namanya, Happy Wednesday, tulisan Azrul Ananda selalu ada happy-happy nya, walaupun belum tentu semua yang baca bakal ikut happy, tapi di tulisan-tulisannya Azrul Ananda seakan-akan selalu mengambil ‘jalan tengah’ biar nggak memojokkan satu pihak, dan membuat pihak itu nggak happy. Intinya lewat Happy Wednesday, dia ngajak pembaca-pembacanya biar happy. Kan kalau sudah happy, sudah seneng, kita nggak akan benci dong, ya minimal lupa lah sama rasa benci.

Sama, diswaynya Dahlan Iskan juga gitu. Ditulis dengan perspektif yang beda, contoh gampangnya ada artikel tentang Donald Trump sama isu politik global, Dahlan Iskan nggak nulis ‘Donald Trump salah karena begini, begini, begini…’ Enggak. Dahlan Iskan malah nulisnya ‘ Melawanlah seperti Donald Trump…’ Seakan-akan kita disuruh untuk meniru perbuatan seorang Donald Trump. Ya walaupun sebenernya aku sama sekali nggak paham Donald Trump itu ngapain kok sampai pada ribut.

Begini. Azrul Ananda dan Dahlan Iskan itu dua-duanya orang besar. Punya pengaruh besar juga. Banyak yang baca tulisan-tulisan mereka, bisa aja mereka menggunakan tulisan sebagai media untuk menguntungkan diri sendiri dan mencapai tujuan, tapi mereka lebih memilih nulis untuk berbagi. Berbagi ilmu, berbagi pengalaman, ngajak pembaca biar happy, daripada nulis isu yang bisa bikin pembaca saling benci, mereka lebih milih tema-tema sederhana yang asyik buat dibaca. Star wars misalnya, apa soal sepakbola, kalau nggak tentang pengalaman-pengalaman dan peristiwa-peristiwa diluar negeri. Bahkan Azrul Ananda pernah nulis soal Frozen. Daripada nulis soal politik yang bikin ribut, Azrul milih nulis soal film princess Disney.

Apa garis besarnya? Rasa benci.

Prof. Mansyur, Azrul Ananda, sama Dahlan Iskan sama-sama orang yang murah senyum. Terbukti dari foto-fotonya yang senyum terus. Mereka sama-sama punya pengaruh besar, dibanding kebanyakan tokoh-tokoh sekarang yang perilakunya bikin kita ribut dan saling membenci, mereka lebih memilih sebaliknya. Berbagi pengetahuan, membuat orang lain happy. Setidaknya mereka tidak membuat orang-orang saling membenci karena mereka, karena apa yang mereka lakukan, apa yang mereka sampaikan, atau apa yang mereka tulis.

Mungkin mereka punya rasa benci, tapi daripada mengumbar kebencian, mengajak orang lain untuk membenci, atau membuat mereka saling membenci, mereka lebih memilih untuk mengajak orang lain senang, saling berbagi, berdamai, happy, dan sejenak meninggalkan rasa benci.

Terus, apa resolusiku di tahun 2020 ini?

Kalau dibilang mau jadi kayak mereka, yaa.. susah juga, karena aku bukan siapa-siapa, pengaruhku nggak sebesar mereka. Gimana caranya mengajak orang lain biar nggak saling membenci? Sedangkan omonganku belum tentu didengar. Gimana mau mengajak orang lain berdamai? Sedangkan berdamai dengan diri sendiri aja aku masih kesulitan.

Jadi?

Resolusiku 2020 : Lupa caranya membenci!

Wkwkwkwk….

2 tanggapan untuk “Resolusi 2020

Tinggalkan komentar