Pecel yang Melintasi Zaman

Catatan dari Warung Makan Bu Kis

Saking lamanya, Mama nggak tahu warung pecel ini udah ada dari tahun berapa, “Udah dari jaman Mbah buyut (Ibunya eyang) sering kesini.” Katanya.

Tiap ke Solo, ke Klewer, Ibunya Yang Uti sama ibunya Yang Kakung mesti mampir kesini. Keluarga eyang dulunya tinggal di Klaten, ibunya eyang dulu pedagang jarik, batik, kalau kulakan di pasar Klewer. Setiap ke Solo pasti mampirnya ke Warung Pecel Bu (Mbok) Kis. Begitu penjelasan dari Mama.

Lama nggak makan disana, tadi pagi aku memecahkan celengan rindu. Dari dulu sebelum TK kayaknya udah sering diajak makan disana.

Warungnya nggak gede-gede amat, tempatnya di dalem kampung, belakang Pengadilan Negeri Solo. Dari RS PKU Solo juga bisa, gang samping Superindo masuk, pertigaan belok kanan. Dari dulu sampe sekarang nggak banyak berubah, masih pake teknologi touchscreen, banyak gantungan kalendernya, di pojok masih ada jualan majalah Kartini sama Bobo, di sampingnya ada kotak infaq yayasan.

Menunya juga masih sama, Pecel sama Gudangan yang utama, ada gado-gado juga, bubur sumsum juga.

Inget banget dulu waktu kecil tiap diajak makan disini pasti pesennya cuma nasi putih dikasih telur ceplok. Sama kerupuk, minumnya es jeruk. Wkwkwk…

Sekarang kalau pesen mesti Pecel, ditambah topping macem-macem; telur, tahu, tempe, daging, bakmi, peyek, dll.

Dulu, kata Mama tempatnya cuma warung kecil, sekarang udah buka cabang, di deket rumah, di Sumber, deket lapangan Sumber. Mbok Kis udah lama meninggal, tadi pagi yang njaga warungnya kalau nggak anaknya-cucunya, itupun udah tua.

Lagi-lagi pondok. Bersyukur banget pernah mondok, nggak cuma belajar banyak hal, tapi juga ngerasain banyak hal. Dulu nggak suka pecel, sayur yang ijo-ijo, makan daging pun jarang, makannya cuma nugget sama mie sama telur. Baru di pondok jadi suka makan sayur, tau enaknya nasi, tahu, tempe, suka kambing juga baru di pondok, gara-gara nyate pas idul Adha, bahkan makan ayam habis sampe tinggal tulangnya juga baru di pondok.

Rasa pecelnya Mbok Kis nggak begitu spesial, mungkin sama kayak pecel-pecel di tempat lain. Tapi nggak tau kenapa, kalau ngomongin pecel, yang pertama inget mesti Pecelnya Mbok Kis. Entah, mungkin karena sering kesana, atau mungkin suasana makan di warungnya enak; baunya yang khas, suara orang-orangnya, kipas anginnya yang muter pelan, suasana kampungnya yang damai, apalagi kalau pas sarapan, pagi-pagi, ada sinar matahari yang masuk kena piring sama gelas.

Di warung Mbok Kis, Pecel dan Gudangan bukan sekedar sarana memanjakan lidah dan pemenuh kebutuhan primer, tapi juga sarana penghubung dari generasi ke generasi, sekaligus saksi bahwa waktu melakukan tugasnya, yaitu mengubah banyak hal.

Dari jaman mbah buyut jualan batik sampe cicitnya jualan online. Dari waktu aku nggak doyan makan apa-apa sampe sekarang apa-apa dimakan; waktu, tempat, teman, kadang makan hati juga.

Wkwkwk…

Tinggalkan komentar